Penyelidik KPK dianiaya : Rencana Bikin Biro Pengamanan

berita terbaru penyelidik kpk dianiaya

superberita.com – Penyelidik KPK dianiaya : Rencana Bikin Biro Pengamanan.Kejadian sangat disayangkan hal ini terjadi pada aparat penegakan hukum khususnya bisang tindak pidana korupsi. Hal ini mengakibatkan akan adanya upaya pelemahan untuk KPK

Penyelidik KPK diberitakan dianiaya pada waktu menjalankan tugas. pertanyaan kemudian muncul atas rencana kelanjutan rencana KPK membuat biro pengamanan yang sebelumnya sempat diutarakan Ketua KPK Agus Rahardjo.

“Ini masih kita diskusikan detail-detailnya, namun sudah komitmen untuk ditindaklanjuti pembentukanya dalam jangka panjang,” Ujar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dari berita yang sudah dilansir detik.com Senin (4/2/2019).

Saut menyebut, tim khusus yang dibentuk kemungkinan tidak hanya sekadar biro. Beliau menyatakan, dengan mempertimbangkan besarnya ancaman bagi KPK, untuk masalah pengamanan akan dikejakan oleh deputi tersendiri.

“Bila perlu Deputi Pengamanan sementara sejalan dengan pertumbuhan potensi ancaman dan skala ekonomi kegiatan cegah tindak yang dilakukkan KPK,” tambah penyataan Saut.

Rencana pembuatan Biro Pengamanan KPK ini pernah disampaikan ketua KPK Agus Rahardjo waktu Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi III DPR. Pada waktu itu,Beliau Bapak Agus menjawab Komisi III DPR yang meminta KPK menjelaskan rencana tindak lanjut menyikapi teror bom di rumah Agus dan Laode M Syarif.

“Jadi segera setelah peristiwa itu, kami melakukan rapat. Kita juga mengidentifikasi jajaran-jajaran KPK yang kemungkinan berisiko pada waktu bertugas. Jadi bukan hanya pimpinan, tapi semua jajaran kita perhatikan. Kemudian memang terpikir perlu ada pengembangan organisasi di mana dimungkinkan adanya Biro Pengamanan di KPK,” kata Agus Raharjo di ruang rapat Komisi III, gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 28 Januari.

Keamanan yang dijelaskan Agus tidak hanya terkait fisik, tetapi juga keamanan data dan informasi, gedung operasional, hingga keamanan saat jajaran KPK melakukan perjalanan. Agus menyatakan terkait rencana pembentukan biro ini masih berlangsung dan terus dilakukan.

Penyerangan atau penganiayaan kepada jajaran KPK memang sudah terjadi tidak hanya sekali. Berita penganiayaan anggota KPK terbaru, dimana 2 pegawai KPK yang sedang melakukan tugas di Hotel Borobudur, Jakarta diduga menjadi korban penganiayaan hingga mengalami luka fisik. Kasus ini sedang diselidiki Polda Metro Jaya.

Rencana ini tampakanya masaih dalam proses dan memerlukan pertimbangan serta payung hukum dalam membuat biro keamanan bagi para jajaran aparat anggota KPK. Semoga tidak terjadi lagi penganiayaan anggota KPK saat menjalankan tugas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *